Image

PROFIL DINAS SOSIAL KABUPATEN MOJOKERTO

 DINAS SOSIAL KABUPATEN MOJOKERTO

   Dinas sosial merupakan unsur pelaksana otonomi daerah bidang sosial, dinas sosial dipimpin oleh kepala dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui sekertaris daerah.Dinas sosial memiliki urusan pemerintahan daerah bidang sosial berdasarkan asa otonomi dan tugas pembantuan, melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya. Dinas sosial berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui SEKDA. Dinas sosial mempunyai tugas melaksanakan tugas umum pemerintahan daerah di bidang kesejahteraan sosial sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

A. STRUKTUR ORGANISASI

  Susunan organisasi Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 10 Tahun 2011 tentang struktur organisasi Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto, terdiri atas :

a. Kepala Dinas 

b. Sekretariat, yang membawahi :

     - Sub. Bagian Umum

     - Sub. Bagian Perencanaan

     - Sub. Bagian Keuangan

c. Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial

     - Seksi Pelayanan Sosial

     - Seksi Pemulihan Sosial

     - Seksi Pengembangan

d. Bidan Perlindungan dan Jaminan Sosial

     - Seksi Jaminan Pemenuhan Kebutuhan Dasar dan Bantuan Sosial

     - Seksi Penyuluhan Sosial

     - Seksi Advokasi dan Bantuan Hukum

e. Bidang Pemberdayaan Sosial

     - Seksi Pemberdayaan Individu

     - Seksi Peberdayaan Lembaga

     - Seksi Pemberdayaan Masyarakat

f. UPT Panti Werda Mojopahit yang terdiri dari :

     1.Kepala UPT

     2.Kepala Sub Bagian Tata Usaha

       a.Pengadministrasi Umum

       b.Pengemudi

       c.Petugas Kebersihan

       d.Petugas Keamanan

       e.Petugas Kesehatan

       f. Juru Masak

       g.Kelompok Jabatan Fungsional

VISI Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto. “Terwujudnya pelayanan yang profesional di bidang pembangunan kesejahteraan sosial menuju pembangunan yang berorientasi pada otonomi daerah serta didukung penyediaan data yang akurat”

MISI Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto.

  1. Meningkatkan pembinaan serta memberikan perlindungan sosial kepada sasaran PMKS di wilayah Kabupaten Mojokerto
  2. Meningkatkan pelayanan, penyatunan, pemberdayaan, rehabilitasi korban bencana alam, rehabilitasi penyandang cacat dan daerah kumuh kepada sasaran PSKS di wilayah Kabupaten Mojokerto.

B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI ORGANISASI.

  1. Kepala Dinas, mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan Dinas Sosial;
  2. Sekretariat, mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian tugas Dinas Sosial meliputi urusan umum, perencanaan dan  keuangan. Dalam melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi :
  1. Pelaksanan koordinasi penyusunan program kerja dinas, pengumpulan dan pengolahan data;
  2. Penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan;
  3. Pelaksanaan pembinaan organisasi dan tata laksana;
  4. Pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  5. Pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan;
  6. Penyiapan data dan informasi, kepustakaan, hubungan masyarakat dan inventarisasi;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
  8. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  1. Sub Bagian Umum, mempunyai tugas :
  1. Melaksanakan tata naskah dinas dan tata kearsipan;
  2. Melaksanakan urusan rumah tangga dan protokol;
  3. Melakukan analisis kebutuhan barang – barang keperluan kantor serta pembekalan lain;
  4. Menghimpun dan mengelola data serta menyusun dokumentasi peraturan perundang – undangan dan hasil pembangunan;
  5. Melaksanakan tugas – tugas di bidang kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  6. Melaksanakan pengelolaan inventaris kantor dan loka bina karya ( LBK );
  7. Melakukan perawatan dan perbaikan gedung, peralatan kantor dan LBK;
  8. Menyelenggarakan tata usaha kepegawaian yang meliputi pengumpulan data pegawai, pembuatan buku induk pegawai, usulan – usulan kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, mutasi pegawai, pengangkatan dalam jabatan serta pemberhentian pegawai;
  9. Menyusun formasi dan perencanaan pegawai;
  10. Melaksanakan pengembangan karier, kesejahteraan pegawai serta usaha peningkatan mutu pengetahuan dan disiplin pegawai;
  11. Melaksanakan pembinaan jabatan fungsional;
  12. Mengelola administrasi tentang pembinaan angka kredit jabatan fungsional;
  13. Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan;
  14. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris.
  1. Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas :
    1. Mengumpulkan dan mengelola data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial ( PSKS ) untuk bahan penyusunan program;
    2. Merumuskan dan menyusun program dan kegiatan;
    3. Melaksanakan analisis dan pengendalian dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan;
    4. Mengumpulkan, menginventarisir, menganalisa dan mengolah data dalam rangka perumusan dan penyusunan program;
    5. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan program kegiatan soial serta bahan – bahan koordinasi;
    6. Menyusun program dan rencana kegiatan sosial yang meliputi pengembangan kesejahteraan sosial dan lokasi program;
    7. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap hasil kegiatan Dinas Sosial;
    8. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris.
  2. Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :
    1. Menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan;
    2. Menyiapkan usulan anggaran dinas;
    3. Mengolah tata usaha keuangan dan pembukuan serta realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah( APBD );
    4. Melakukan pembayaran gaji pegawai, keuangan perjalanan dinas, penyelesaian tuntutan ganti rugi serta biaya – biaya lain sebagai pengeluaran dinas;
    5. Melaksanakan evaluasi dan penyusunan laporan;
    6. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris.
  3. Bidang Pemberdayaan  dan Perlindungan Sosial, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Sosial yang meliputi Bina Pemberdayaan  Sosial, Perlindungan Sosial serta Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan. Dalam melaksanakan tugas, Bidang Bina Pemberdayaan dan Perlindungan Sosial mempunyai fungsi :
  4. Pelaksanaan penyuluhan dan bimbingan sosial guna penanggulangan PMKS;
  5. Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan dan arahan dalam rangka pengembangan keswadayaan masyarakat;
  6. Pelaksanaan pengendalian, pengawasan dan pengkoordinasian pengembangan keswadayaan masyarakat;
  7. Pelaksanaan motivasi kepada dunia usaha untuk berperan dalam penanganan PMKS;
  8. Penginventarisan, pengembangan dan peningkatan fungsi PSKS;
  9. Penelitian dan merekomendasikan pemrosesan pemberian ijin pendirian panti sosial, asuhan bayi, anak dan anak terlantar serta pengangkatan anak;
  10. Pengawasan, pengendalian, pengkoordinasian dan merekomendasikan perijinan terhadap usaha pungutan dana sosial, sumbangan sosial, undian yang dilaksanakan oleh badan usaha, organisasi sosial serta masyarakat;
  11. Perlindungan terhadap anak, wanita dan lanjut usia korban tindak kekerasan;
  12. Pelaksanaan bimbingan, motivasi dan pemberdayaan terhadap fakir miskin dan rumah tangga sangat miskin;
  13. Pembinaan dan penyantunan terhadap lanjut usia serta pemberdayaan karang werdha;
  14. Pemberian penghargaan dan penyantunan terhadap perintis kemerdekaan dan janda pahlawan;
  15. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
  16. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  17. Seksi Pemberdayaan Sosial, mempunyai tugas :
  1. Mempersiapkan bahan bimbingan dan pembinaan keswadayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan dan pengembangan kesejahteraan sosial;
  2. Melakukan penyuluhan dan bimbingan sosial guna penaggulangan PMKS;
  3. Melakukan pembinaan, bimbingan dan konsultasi teknis kegiatan dan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan remaja;
  4. Melaksanakan bimbingan teknis, pembinaan dan arahan dalam rangka pengembangan keswadayaan masyarakat;
  5. Melaksanakan pembinaan dan upaya pengembangan usaha swadaya masyarakat dalam melaksanakan pengumpulan uang dan barang;
  6. Melakukan pengawasan, pengendalian, menyiapkan bahan koordinasi serta merekomendasikan perijinan terhadap usaha pungutan dana sosial, sumbangan sosial, undian yang dilaksanakan oleh badan usaha, organisasi sosial serta masyarakat;
  7. Melaksanakan pengendalian, pengawasan dan mengkoordinasikan pengembangan keswadayaan masyarakat;
  8. Melakukan pembinaan, bimbingan dan pemberdayaan generasi muda (karang taruna), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Wanita Pemimpin Kegiatan Sosial dan Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) dan Organisasi yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial;
  9. Melaksanakan motivasi kepada dunia usaha untuk berperan dalam penanganan PMKS;
  10. Melaksanakan evaluasi dan penyusun laporan;
  11. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Bina Swadaya dan Perlindungan Sosial.
  1. Seksi perlindungan sosial, mempunyai tugas :
    1. Melaksanakan perlindungan terhadap anak, wanita dan lanjut usia korban tindak kekerasan;
    2. Melakukan bimbingan dan konsultasi teknis terhadap keluarga rentan,  wanita rawan sosial ekonomi dalam rangka pemecahan masalah dan meningkatkan taraf kesejahteraan sosial;
    3. Melaksanakan bimbingan dan pemberdayaan terhadap fakir miskin dan rumah tangga sangat miskin;
    4. Memberikan bimbingan dan motivasi tentang asuransi kesehatan bagi keluarga miskin;
    5. Melaksanakan pembinaan dan penyantunan terhadap lanjut usia  dalam panti dan luar panti serta pemberdayaan karang wedha;
    6. Memberikan penghargaan dan penyantunan kepada perintis kemerdekaan dan janda pahlawan;
    7. Melaksanakan evaluasi dan penyusun pelaporan;
    8. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Swadaya dan Perlindungan Sosial.
  2. Seksi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas :
    1. Mempelajari data dan informasi dari hasil kegiatan                       program – program yang telah dianalisa atau diolah;
    2. Menyusun data program dan hasil kegiatan program dalam bentuk statistik;
    3. Mempelajari dan menganalisa realisasi hasil kegiatan dan permasalahan bidang sosial dengan memperhatikan program dan rencana;
    4. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
    5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan                      oleh Kepala Bidang Bina Swadaya dan Perlindungan Sosial.
  3. Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Sosial meliputi Pelayanan Sosial, Rehabilitasi Anak dan Tuna Sosial serta Rehabilitasi Penyandang Cacat dan Daerah Kumuh. Dalam melaksanakan tugas, Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi mempunyai fungsi :
  1. Pemberian pelayanan, penyantunan dan pemberdayaan para PMKS;
  2. Menyelenggarakan rehabilitasi sosial dan pengkoordinasian dengan instansi terkait dalam upaya rehabilitasi anak bermasalah;
  3. Pembinaan, penyelenggaraan dan pengkoordinasian rehabilitasi sosial, gelandangan, pengemis, tuna susila dan eks narapidana;
  4. Penyelenggaraan rehabilitasi dan pelayanan sosial penyandang cacat melalui panti dan luar panti;
  5. Penyusunan kebijakan dan pelaksanaan rehabilitasi sosial daerah kumuh;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
  7. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  1. Seksi Pelayanan Sosial, mempunyai tugas :
  1. Memberikan pelayanan penyantunan para penyandang masalah    yang memerlukan sarana / alat bantu ( penderita cacat kaki putus, tangan putus, tuna netra dan tuna rungu wicara );
  2. Memberikan pelayanan dengan pemberdayaan anak jalanan untuk Usaha Ekonomi Produktif ( UEP );
  3. Memberikan pelayanan dan penyantunan eks psikotik untuk UEP;
  4. Memberikan pelayanan dan penyantunan paket permakanan atau UEP eks penderita kusta di permukiman maupun di luar permukiman;
  5. Memberikan pelayanan dan penyantunan eks penyakit kronis untuk UEP;
  6. Memberikan pelayanan dan bantuan pemulangan terhadap orang terlantar;
  7. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
  8. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi.
  1. Seksi  Rehabilitasi  Anak  dan  Tuna  Sosial,  mempunyai             tugas :
    1. Menyiapkan bahan pembinaan dan bimbingan rehabilitasi sosial anak bermasalah;
    2. Melaksanakan dan menyelanggarakan rehabilitasi sosial                       anak bermasalah;
    3. Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dan badan swasta dalam upaya rehabilitasi sosial anak bermasalah;
    4. Melakukan bimbingan dan konsultasi teknis terhadap upaya rehabilitasi anak bermasalah;
    5. Menyiapkan bahan untuk pembuatan usaha rehabilitasi sosial, gelandangan, pengemis dan tuna susila;
    6. Melaksanakan pembinaan dan penyelenggaraan rehabilitasi sosial, gelandangan, pengemis dan tuna susila baik melalui panti dan non panti;
    7. Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi formal dan badan sosial gelandangan, pengemis, tuna susila dan pengembalian ke daerah asal;
    8. Melaksanakan usaha dan kegiatan rehabilitasi sosial, gelandangan, pengemis dan eks narapidana;
    9. Memberikan bimbingan dan konsultasi terhadapupaya – upaya rehabilitasi sosial, gelandangan, pengemis dan tuna susila;
    10. Melaksankan evaluasi dan menyusun laporan;
    11. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi.
  2. Seksi Rehabilitasi Penyandang Cacat dan Daerah Kumuh,                 mempunyai tugas :
    1. Melakukan regristrasi dan identifikasi penyandang cacat sesuai jenisnya;
    2. Menyelenggarakan usaha / kegiatan rehabilitasi dan pelayanan sosial penyandang cacat melalui panti atau di luar panti;
    3. Melakukan pembinaan dan menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka membantu usaha reabilitasi sosial penyandang cacat dan penyaluran kembali ke masyarakat;
    4. Melakukan kegiatan dan bantuan sebagai sarana penunjang pengembangan usaha sosial ekonomi penyandang cacat;
    5. Melakukan bimbingan dan konsultasi eknis terhadap  usaha – usaha rehabilitasi sosial penyandang cacat;
    6. Menyiapkan bahan untuk penyusunan kebijakan di bidang rehabilitasi sosial di daerah kumuh;
    7. Melakukan kegiatan rehabilitasi sosial pada daerah kumuh;
    8. Melakukan pembinaan, bimbingan dan menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait serta badan swasta yang menangani daerah kumuh;
    9. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
    10. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi.
  3. Bidang Penanggulangan Korban Bencana, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Sosial meliputi Tanggap Darurat, Logistik serta Rehabilitasi Bencana. Dalam melaksanakan tugas, Bidang Penanggulangan Korban Bancana mempunyai fungsi :
  1. Pemetaan daerah rawan bencana;
  2. Pemberian bimbingan motivasi kepada warga yang berdomisili pada daerah rawan bencana guna antisipasi penanggulangan bencana;
  3. Pengidentifikasian korban bencana;
  4. Penyelenggaraan pelatihan Taruna Siaga Bencana  ( Tagana );
  5. Penghimpunan dan penyaluran bantuan korban bencana;
  6. Pelaksanaan evakuasi dan penanganan korban bencana;
  7. Pengadaan bahan natura, material dan sarana penanggulangan bencana;
  8. Pemberian bimbingan, motivasi dan rehabilitasi sosial korban bencana alam, bencana sosial dan pengungsi;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan;
  10. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  1. Seksi Tanggap Darurat, mempunyai tugas :
  1. Memetakan daerah rawan bencana;
  2. Menyediakan sarana kerja bakti untuk antisipasi banjir
  3. Menyiapkan bahan koordinasi dengan lembaga / instansi lain guna memutuskan kebijakan penanggulangan bencana;
  4. Memberikan bimbingan motivasi kepada warga yang berdomisili     pada daerah rawan bencana dengan instansi terkait;
  5. Mendirikan posko bencana baik di Tingkat Kabupaten maupun di daerah rawan bencana;
  6. Melaksanakan identifikasi korban bencana;
  7. Menghimpun usulan dari desa / kecamatan masalah bencana dan perencanaan bantuan;
  8. Mengadakan peninjauan langsung ke lapangan sesuai tugas Tim Reaksi Cepat Satlak Penanggulangan Bencana dan Pengungsi

( PBP)

  1. Menyelenggarakan pelatihan Tagana;
  2. Menghimpun dan menyaluran bantuan untuk korban bencana;
  3. Melakukan evaluasi dan penanganan korban bencana;
  4. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
  5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanggulangan Korban Bencana.

 

  1. Seksi Logistik, mempunyai tugas :
  1. Melaksanakan pengadaan bahan natura / beras dan lauk pauk untuk korban bencana alam sebagai penunjang bantuan bencana sosial / pengungsi;
  2. Melaksanakan pengadaan sarana penanggulangan bencana untuk digunakan pada saat terjadi bencana;
  3. Melaksanakan pengadaan bahan material penanggulangan bencana;
  4. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
  5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanggulangan Korban Bencana.
  1. Seksi Rehabilitasi Bencana, mempunyai tugas :
    1. Membentuk satuan tugas sukarelawan di masing – masing                       desa / kecamatan untuk membantu Satlak PBP;
    2. Memberikan bantuan rehabiliatsi sosial korban bencana berupa bahan bangunan perbaikan rumah dan modal UEP;
    3. Memberikan bimbingan motivasi kepada para eks korban                 bencana alam / bencana sosial dan pengungsi;
    4. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan;
    5. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanggulangan Korban Bencana.
  2. UPT Panti Werdha Mojopahit, mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dan penyantunan serta rehabilitasi klien lanjut usia atau jompo terlantar. Dalam melaksanakan tugas, UPT Panti Werdha Mojopahit mempunyai fungsi:
  1. Pelaksanaan observasi, identifikasi dan seleksi penerimaan calon klien lanjut usia atau jompo terlatar;
  2. Pengungkapan dan pemahaman masalah klien lanjut usia atau jompo terlantar;
  3. Penyusunan rencana program rehabilitasi bagi klien lanjut usia atau jompo terlantar;
  4. Pelaksanaan bimbingan fisik, mental atau kerohanian, perilaku sosial dan pelatihan kerampilan kerja;
  5. Pelaksanaan pengembalian kepada yang telah menemukan keluarganya;
  6. Pelaksanaan bimbingan atau pembinaan lanjut eks klien;
  7. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan pelayanan;
  8. Pelaksanaan tugas – tugas ketatausahaan;
  9. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  1. Sub Bagian Tata Usaha, mempunyai tugas :
  1. Menyusun rencana kerja;
  2. Melaksanakan pengelolaan administrasi perkantoran;
  3. Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  4. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan;
  5. Menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan;
  6. Melaksanakan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala UPT Panti Werdha Mojopahit.