Image

Syarat Mengurus Kartu " BPJS Kesehatan Darurat " Untuk Golongan Tidak Mampu.

admin

Dibaca 313 kali

Sejak 1 Juni 2015, kartu keanggotaan BPJS Kesehatan baru bisa aktif setelah 14 hari pendaftaran. Tidak banyak masyarakat yang mengerti dengan aturan ini. Masih sering ditemukan peserta yang baru mendaftar setelah masuk di rumah sakit dan berharap kartu BPJS bisa segera aktif dan digunakan untuk mengganti biaya pengobatan.

Namun, ternyata ada pengecualian bagi golongan masyarakat kurang mampu (Penerima Bantuan Iuran, dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Golongan ini dimungkinkan untuk baru mengurus kartu BPJS nya saat sakit dan kartu BPJS bisa langsung digunakan (tidak perlu menunggu 14 hari) selama masih memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Jika ada keluarga dan tetangga yang mengalami masalah ini, berikuti ni adalah persyaratan yang diperlukan:

1. Membuat surat keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan.

2. Foto copy Kartu Keluarga (KK)

3. Foto copy KTP 

4. Foto Copy Struk Pembayaran Listrik (Atas Nama )

Kemudian Syarat diatas diajukan sebagai Pembuatan Surat Rekomendasi ke Dinas Sosial untuk Pembuatan Kartu BPJS.

5. Mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan Kelas III di kantor BPJS setempat.

Langkah –langkah ini harus diselesaikan dalam waktu 3x 24 jam sejak dirawat di rumah sakit. Selain itu, pasien hanya boleh dirawat di kelas III.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah kartu BPJS tidak dapat digunakan karena keluarga terlanjur mendaftarkan pasien sebagai pasien umum. Sebaiknya pasien tetap di daftarkan sebagai pasien BPJS dengan keterangan bahwa kartu BPJS masih diurus. Rumah sakit akan menunggu hingga 3 x 24 jam. Jika keluarga pasien tidak dapat menunjukkan kartu BPJS nya dalam waktu tersebut, maka terpaksa rumah sakit akan menganggap pasien sebagai pasien umum. Untuk itu usahakan mengurus administrasi pendaftaran BPJS secepatnya agar tidak melewati batas waktu.

Link: